Friday, October 03, 2008

Playgroup

Mulai hari Jumat ini, Rui tak masukkin ke playgroup yang tempatnya deket rumah (jalan kaki 5 menit-an deh). Seminggu dua kali, dari jam 10.00 s/d jam 13.00. Maksud hati sih mau tak masukkin ke preschool yang gurunya bule semua itu. Kapan hari uji coba gratisan se-jam Rui kayaknya tertarik, tapi begitu dikasih lembaran daftar harganya aku langsung lemes deh. Mahal buanget. Biaya pendaftaran aja sampai 30.000 yen, trus biaya school per bulannya (seminggu masuk tiga kali) 50.000 yen. Uedyaaaan.

Akhirnya setelah browsing sana sini, nemu playgroup deket rumah yang biaya nya reasonable. Emang sih, gurunya lokal semua, dan gak ada kurikulum pelajaran yang njelimet. Pokoknya anak hanya diajak maen maen aja deh. Sensei (guru)nya bilang sih dari maen maen itu, anak bisa belajar bersosialisasi. Yo wes lah, gak pakai kelamaan mikir , Rui langsung tak daftarin di sini.

Sekedar info aja, di playgroup ini biaya pendaftaran nya “hanya” 5.000 yen, dan biaya per bulannya “hanya” 17.000 yen. Kalau pakai hitungan rupiah pasti masih terasa mahal yach, tapi kalau dibanding dengan preschool yang pakai bhs pengantar bhs Inggris, beda harganya jauh banget. Semoga aja dengan masuk playgroup ini, Rui bisa lebih bisa belajar berbagi dan bersosialisasi dengan anak anak yang lain. Aku anggap playgroup ini juga buat "pemanasan" - persiapan Rui buat masuk TK beneran tahun depan.

Sejak awal minggu ini aku sudah sibuk belanja keperluannya Rui. Dari label nama (semua barang bawaan harus ditempeli label nama sendiri), buku gambar, tas sekolah, lunch-box, termos air, uabaki (sepatu putih untuk dipakai di dalam ruang kelas), dll dll… Dan karena bapak-e Rui luar kota, jadilah aku berdua aja sama Rui ngider ke sana sini. Wuah, lelah lahir batin deh.

Dan Jumat pagi tadi Rui mengibarkan “bendera perang” denganku. Dia bilang, gak mau sekolah. Padahal beberapa hari sebelumnya masih semangat, waktu dibilangin mau sekolah, dia bilang, “oh iya kayak sekolahnya YangKung” (hehe, masih inget aja dia, setiap mudik khan selalu mengunjungi sekolahnya Bapak).

Waktu jalan kaki ke playgroup pun dia males malesan, langkahnya dibikin terseok seok, alasannya capek. Walah. Trus begitu sampai di tempat, Rui nge-gandol di kakiku kayak anakan orang-utan. Waktu disapa gurunya, Rui kabur. Jadinya aku harus uber uber Rui di halaman. Mau gak mau, gurunya turun tangan, Rui digendong dengan paksa dan langsung dimasukkin ke kelas. Akupun buru buru naroh tas sekolah dan lunch box nya Rui di deket pintu masuk, trus buru buru ngacir. Emang udah dikasih tahu sih sama gurunya, hari pertama masuk pasti anak bakal berontak, tapi mamanya dianjurkan tenang dan cepat berlalu aja dari pandangan anak. Ternyata bener juga, sampai di halaman pun aku masih bisa dengar Rui nangis histeris sambil manggil “mama… mama…”.

Duh, walaupun hati ini serasa dicabik cabik, tapi aku inget2 aja pesan gurunya Rui kapan hari – wajar aja anak nangis kalau hari pertama sekolah, tapi lebih baik menangis menjerit jerit, dengan demikian emosinya keluar semua, kalau udah lega pasti nanti bakal ikut main juga sama teman temannya. Agak agak mirip juga sih dengan prinsipku selama ini. Dari bayi dulu sampai Rui rada besar sekarang ini pun, aku selalu “membebaskan” Rui untuk menangis. Khan banyak yang bilang tuh, anak laki gak boleh nangis (bapak-e Rui aja sering bilang gitu). Kebalikannya, aku selalu bilang, ndak pa pa nangis aja, emang lagi sedih kok, lagi marah kok… Trus ternyata Rui itu kalau dibilangin gitu malah gak nangisan. Dia hanya nangis kalau benar benar marah, atau sangat sedih aja. Emang nangisnya heboh, tapi setelah emosinya mengalir keluar bersama air matanya, dia jadi tenang kembali. Jadi aku yakin banget, pasti di dalam kelas Rui bisa tenang lagi.

Selesai ngantar Rui, aku ke perpustakaan. Waduh, senengnya bisa santai milihi buku di perpus, walau rada sedih juga gak ada suaranya Rui. Habis itu keluyuran ke Ikspiari, naik bus kecil yang bayarnya hanya 100 yen itu. Udah lama sih pengen nyobain bus ini yang rutenya ke Maihama Eki baru dibuka. Tapi jelaslah suatu “hil yang mustahal” kalau ada Rui, karena rute bus ini panjaaaang sekali (lha wong bayar cuma 100 yen masak minta express sih). Sesama penumpang yang naik umumnya kakek nenek, aku sempat ketiduran juga di bus karena sampainya lama banget, hehe.

Di Ikspiari hanya keliling2 dikit, ngopi trus cabut lagi. Pulangnya naik kereta aja biar cepet. Dari stasiun kereta langsung jemput Rui. Aku lihat dari luar, Rui udah biasa banget tampangnya. Begitu lihat aku, dia langsung buru2 makai sepatu dan keluar dengan riangnya. Bangga banget dia pamerin label nama yang disemat di bajunya, dia bilang, “sensei kasih stiker jerapah, katanya Rui tinggi kayak jerapah”. Haha. Waktu pamitan pulang, gurunya sempat kaget waktu tangannya dicium Rui. Jadi cekikikan deh, kok ya kebiasaan salim nya Rui belum ilang juga. Oh ya, gurunya bilang tadi pagi begitu di dalam kelas, Rui gak nangis lama lama langsung mainan sama teman temannya. Syukur deh, lega banget, doaku tadi malam dikabulkan Tuhan.

Sampai rumah aku periksa lunch-box nya Rui, semua habis. Senengnya. Padahal bekal makan siang Rui sederhana banget, aku bikinin orak arik wortel, gorengan sosis, tomat kecil buat pencuci mulut dan nasi kepal yang dibentuk jadi muka beruang. Wuah, mulai sekarang harus mikir menu macem2 nih. Minggu depan tak bikinin apa ya….

6 comments:

Lisa said...

emang pertama2 anak sekolah pasti nangis heboh deh.. tapi Rui hebat lho, langsung bisa menyesuaikan diri...

dian sano said...

Hi mba...aq di jakarta wah enak skali ya hdup di jepang...?

Benny Suryanto said...

Aduh mba.........mahalnya segituh...suamiku harus ber-gaji brp dong klo playgroup ajah segitu, ntar TK? SD? SMP? hixhix.

Loh mba Ika denger2 sekolah diJepang gratis itu? Apa tidak termasuk playgroup ya?

Pengin juga aku masukin ke playgroup si Kiyo ini. Tapi musti umur udah 3th ya?
Kalau ntar Kiyo pulang Indo mau tak masukin playgroup sementara ajah deh hihihi.

Senengnya punya waktu santai dikit...euunak yo ga kesel, tp jg rasane aneh ya gak ada yg nggandoli.
Tapi nek berdua walah ribut terus gak isa diajak kompromi hihihi.

Gud luck ya Rui..tetap semangat ke sekolah!!
Mba...lah bakal susah cari menu makan n dekornya hahahahha.

Mbak'e said...

Buat Nova, iya Nov mahal hidup di sini.

Sekolah Jepang yang gratis khan TK-SD pemerintah. Rui baru taon depan masuk TK nya, tapi kalo bapak-e pengen masukkin Rui ke TK private ya ndak bisa gratisan deh.

Susan Harsono said...

waaah Rui hebaaat, dah berani ya sekolah sendiri:) pasti gurunya super jengah dicium tangannya ama Rui hahaha..muaaach...

dian sano said...

mbak vella ya di jkt juga...hanya selisih beda 2 rumah thok...btw, rencana balim indonesia waktu pensiun ??? wow....enak sekali itu....

Lilypie Kids Birthday tickers
Lilypie Third Birthday tickers
DaisypathAnniversary Years Ticker