Friday, October 10, 2008

Piyo-piyo Bento

Keterangan. Piyo piyo = suara/ bunyi anak ayam.

Bekal makan siang Rui hari ini tema nya “piyo piyo”. Dari pagi aku udah nguplek di dapur bikin “pekerjaan tangan”, duh bikin bento kecil kecil gini ternyata makan waktu juga. Nasinya aku campur dengan kuning telor, trus dibentuk bulat biar terlihat kayak anak ayam yang baru menetas. Lauknya kroket ikan salmon. Pencuci mulutnya seiris apel.

Sedang menu makan siangku, seperti yang terlihat di photo bawah ini.
Lho, kok ada bakso? Ada rendang? Lontong? Pecel?…. Hehehe, hari ini diundang Heni, tetangga deket rumah, makan di rumahnya. Jadi menunya Indonesiah sekalee deh. Itu aja opor ayam, lemper dan nastar nya gak ikut kephoto. Sayang aku harus buru buru pulang siangnya, karena waktunya jemput Rui di playgroup.

Oh ya, hari ini aku lumayan lama ngobrol sama gurunya Rui. Waaa…ah ternyata Rui masih ketinggalan banget dibanding teman temannya yang udah masuk sejak April lalu. Komentar sensei, Rui jago banget kalo main bebas – mainan balok bikin robot2an, main puzzle, dll, tapi dia masih susah kalau diajak main dalam group. Masih belum bisa mengerti kalau main bareng itu artinya harus ikut rule, peraturan main. Misalnya aja kalau diajak lari estafet dalam group, Rui masih belum ngerti bahwa yang lari harus giliran. Lha dia begitu gurunya bilang “start”, eee… Rui udah langsung ikut lari, padahal belum giliran nya Rui untuk lari.

Trus kalau pas makan bersama, seringnya Rui gak bisa tenang di tempat duduknya. Emang sih, hal itu selalu jadi masalahku. Selama ini kalau Rui udah beranjak dari kursinya, padahal makanannya belum habis, pada akhirnya selalu aku suapin aja, biar cepet selesai gitu. Dampaknya di playgroup Rui juga berlaku begitu. Dipikirnya kalau dia gak habisin pasti nanti ada yang nyuapin, padahal di playgroup semua khan harus makan sendiri, gak ada acara suap suapan. Sensei ngasih saran, supaya di rumah pun aku bisa tegas, kalau Rui sudah mulai beranjak dari kursi makan, ya sudah beresi aja makanannya, dan jangan disuapi. Dengan begitu lama lama Rui bakal ngerti, bahwa dia harus bisa makan sendiri. Iya sih, kayaknya mulai sekarang aku harus disiplin sama Rui, repot kalau tahun depan dia masuk TK, di TK nanti semua khan harus makan sendiri.

Satu hal yang bikin kaget aku, ternyata sensei nya Rui pernah tinggal di Jakarta, dan bisa bicara bahasa Indonesia pula. Wuah… gak sangka. Kapan hari waktu Rui salim sama sensei, beliau khan kelihatan kaget, kagetnya bukan karena tangannya dicium sama Rui, tapi beliau kaget “lho, kok rasanya pernah lihat orang salim model gini di Indonesia”. Emang sih pertama aku gak ngomong kalau aku orang Indonesia. Trus sensei juga gak nanya, dia hanya nebak2 aja, mamanya Rui kalau gak orang Philipine ya orang Korea deh. Hehe, tebakannya meleset semua deh. Rabu kemarin aku pernah nulis memo ke sensei, asalku dari Indonesia, jadi Rui kadang2 nyelipin bhs Indonesia dalam percapakapan bahasa jepangnya. Dari situlah sensei baru ngeh kalau aku orang Indonesia. Ya syukurlah kalau ternyata sensei juga bisa dikit2 bahasa Indonesia. Paling gak kalau Rui ngomong “pipis” “buang” atau “buka” sensei bisa ngerti. Hehe.

2 comments:

Niken said...

udah mulai sibuk bikin bento ya? ganbattene..oishisouu semuanya!! Kmrn2 aku jg bikin bento 'cantik' pertama kali..hehehe..Biasanya kl ngebento cm kl ada acara chichioyasankan, kali ini krn aya hrs makan sm sensei, bentonya ga boleh malu2in dong.. Ternyata bikin bento anak itu ribet yaa.. mending bikin bento bapaknya tiap hari deh, ga perlu menarik dah pasti dihabisin..hehehe.

senseinya Rui seneng jg kali ya, bs denger bhs indonesia lagi hehehe.

Susan Harsono said...

waaa bentonya kereeeen...
ayo ajari donk aku bikin bento buat bekal makan siangnya Oline:)

Lilypie Kids Birthday tickers
Lilypie Third Birthday tickers
DaisypathAnniversary Years Ticker