Thursday, June 12, 2008

Pelajaran Baru

Dua hari kemarin migrainku kumat. Tulang punggung terasa panas membara terutama di sekitar leher, mual berterusan, kepala berat sebelah berdenyut denyut dan mata kiri berair jadi sensitive dengan pancaran sinar matahari, sinar televisi&komputer. Pokoknya merana banget kalo didatengin penyakit menyebalkan ini.

Syukurlah Rui gak banyak bertingkah, gak protes walaupun aku gak bisa ngajak dia maen keluar. Mungkin dia merasa aneh sendiri, karena emaknya yang biasanya suka ngomel dan segarang macan, jadi lemes tak bertenaga bagai seonggok gombal.

Ketika aku meringkuk di sofa sambil meringis ringis “menikmati” denyutan di kepalaku, Rui cukup anteng mainan di dekatku. Dia seneng juga bisa ngerjain aku – peralatan dokter-dokteran nya disebar di meja, trus aku dijadiin pasiennya. Dadaku ditutul tutul pakai stetoskop sambil bergumam sendiri “moshi moshi… moshi moshi…”, ketiakku di masukkin thermometer lalu dengan serius nya dia baca bagian suhunya sambil ngomong “taihen!!” (=wah, berat nih!). Walah le… le…

Di saat lain, Rui berusaha menghiburku dengan memainkan piano mainannya. Walaupun suara dentingan piano yang nadanya gak karuan itu sungguh membuat kepalaku serasa di-penthungi wong sak kampung, tapi kuhargai juga usahanya dengan respon lemes “pinteeerr….”. Dan senyum Rui pun terlihat begitu bangga yang membuatnya semakin semangat menghentakkan jarinya. Wadoh le… le….

Sakit emang gak enak, apalagi kalo sendirian gini (bapak-e Rui lagi lagi harus kerja luar kota), tapi ada pelajaran yang bisa aku ambil. Ternyata kalau aku santai dan gak bentak bentak Rui, Rui pun jadi anteng juga. Buktinya selama 2 hari itu aku sama sekali gak punya energi buat marah, hasilnya Rui lebih damai hatinya dan gak usil. Memang sih jadi ibu itu gak gampang, apalagi jadi ibu yang penyabar. Tapi dengan pengalaman kemarin, aku bertekad untuk jadi lebih sabar daripada sekarang. Belajar untuk menarik nafas 3x sebelum aku ngomel, sebelum aku teriaki Rui. Gak gampang. Tapi aku mau belajar.

2 comments:

Lisa said...

Semoga si migren gak dateng lagi ya... Merana banget emang kalo kena migren...

Benny Suryanto said...

ohh hohoho, aku jg tiap hari marah trs ama Kiyo, n semakin Kiyo jg tmbh rewel, n usil n mcm2 jg,
Tapi klo aku dah mau nemenin dia main, tiduran disampinge dia diem ama ntn tv, tp aku ga boleh kemana2.hix hix.

Lilypie Kids Birthday tickers
Lilypie Third Birthday tickers
DaisypathAnniversary Years Ticker