Thursday, October 04, 2007

Masa Kecil

Sama mamanya Oline ditodong buat bikin PR. Ini cerita tentang masa kecilku.

Masa Kecil
Yang paling diingat, rasanya aku dulu kok sering banget pindah rumah. Dari rumah kontrakan di Banjaran – yang lantai dapurnya bergema kalo kita loncat di atasnya, konon ada lubang kuburan di bawahnya, hiiiiiiiiiii…. Trus pindah ngontrak ke Tosaren, kenanganku buruk di sini, karena ada anak tetangga yang sudah agak besar, suka tahu tahu nyium aku kalo lagi main di luar. Hih, jijik. Karena hal ini aku jadi takut keluar rumah, kalo pas disuruh ibuk beli sesuatu di warung seberang jalan, pasti aku bakalan menjalaninya dengan berdebar debar, dan kalau dari kejauhan kelihatan anak “jahanam” itu langsung aku terbirit birit balik lagi ke rumah.
Dari rumah Tosaren, trus numpang tinggal ke rumah Embah di jalan Thamrin sebentar. Setelah itu pindah ke Perumnas, barulah di sini bisa tenang tinggal di rumah sendiri, gak pindah pindah lagi.

TV
Seingatku waktu tinggal di Banjaran, di rumah belum punya tv. Kalau pengen nonton tv, harus numpang di rumah tetangga. Yang aku ingat, aku suka banget sama iklan shampoo (?) atau mungkin cat rambut ya? Merek Gardena. Pokoknya ada wanita berambut lurus panjang hitam yang berlari larian – dalam hatiku, seandainya aku bisa punya rambut seindah itu, hihi, berarti dari dulu aku terobsesi dengan rambut lurus ya, secara aku brintik dari lahir.
Setelah punya TV sendiri, acara favorit di rumah paling2 Si Unyil, Ria Jenaka dan Aneka Ria Safari.

Minum Susu
Rasanya aku dulu gak minum susu setiap hari. Tapi bukan berarti aku gak doyan susu. Seringnya sih kita dikasih susu dari Budhe (kakaknya bapak) yang punya sapi perah. Gak hanya susu aja, kita juga sering dikasih tahu susu. Gak tahu deh, gimana bikinnya. Yang jelas tahu ini terbuat dari susu, bentuknya putih padat gitu. Setelah digoreng bisa jadi lauk atau cemilan.

Sepeda
Waktu belum punya sepeda sendiri, sudah pengen bisa naik. Akhirnya sama bapak suka diajak ke rumah budhe, pinjam sepeda sodara buat belajar. Setelah bisa barulah dibeliin sepeda sendiri. Sepeda pertamaku berwarna merah, tak kasih nama Jolly (aku dulu suka banget ngasih nama pada barang2ku. Tahu gak, boneka beruangku ada yang bernama Gloria Marthawati, hehe). Sepeda merahku ini suatu hari tahu tahu berubah warna jadi biru, karna dicat sama adikku yang lagi iseng, hehe.

Tas sekolah
Yang paling inget sih waktu SD punya tas presiden yang model koper itu. Trus tasnya ditempeli stiker nama segala. Haha, waktu itu lagi ngetrend sekali ya. Selain tas itu, aku sudah gak punya jejak ingatan tas tas lain.

Majalah
Suka banget sama majalah bobo, tapi seingatku jarang beli. Kalo pengen baca baca biasa pinjem aja di perpustakaan. Apalagi bapak kerja di sekolah, kalo pas liburan pun aku bisa enak pinjam2 buku perpustakaan. Mangkanya aku pernah bercita cita punya perpustakaan sendiri, alangkah enaknya hidup ditimbuni buku, begitu bayanganku dulu, hehe.

Jajanan dan Duit Jajan
Seringnya sih beli krupuk upil yang diolesi sambel manis di warung dekat rumah. Atau beli mie goreng (yang porsinya dikiiiit banget) dibungkus daun pisang di kantin sekolah. Duit jajan dulu berapa ya, sudah gak ingat lagi.

Ngefans
Aku dulu ngefans banget sama Julius Sitanggang dan (alm) Richie Ricardo, hihi isin aku, sampai kirim kirim surat segala, dan norak banget senengnya waktu dapat balasan.

Nge-mall
Wah, di Kediri dulu gak ada mall. Diajak jalan jalan ke Jalan Doho aja rasanya udah seneng banget.

Diomelin.
Yang suka ngomelin aku dulu malah ibuk, bukan bapak. Bapak khan kerja melulu, pulang sekolah juga masih ada jadwal kasih les ke sana sini sampai jam 9 malam. Yang memantauku belajar dan bikin PR di rumah ya ibuk. Seringnya aku diomeli karena aku khan bodho banget ngapalin perkalian. Wah, rasanya ibuk dulu lebih serem daripada guru kelasku sendiri.

Wis, itulah sedikit nostalgia masa kecilku.

2 comments:

Susan Harsono said...

weeeeeeeh....julius sitanggang..aku juga suka, kalo nyanyi suaranya paling TOP ya hehehe...

Niken said...

hihihi..tas president itu dulu yg py kakakku, ternyata jmn kecil dulu jg udah ada yg namanya hayarimono. Bpkku jg dulu py kaset Julius Sitanggang lho, smp dulu pernah nyanyi lagunya di depan kelas wkt pelajaran nyanyi..nostalgia...

btw, aya mah kl dikasih kuaci bakalan dimakan sm kulit2nya, ntar darah tinggi dia, kan kulitnya asin..hehehe

Lilypie Kids Birthday tickers
Lilypie Third Birthday tickers
DaisypathAnniversary Years Ticker