Tuesday, July 19, 2011

Green Curtain

Dampak dari bencana tsunami dan meledaknya pembangkit listrik tenaga nuklir bulan Maret yang lalu, belakangan ini Jepang menggalakan aksi penghematan energi. Apalagi memasuki musim panas yang diramal bakal sangat panas tahun ini. Pemerintah menganjurkan untuk tidak jor-jor an memakai tenaga listrik karena dikuatirkan asupan listrik tidak mencukupi.

Jadinya semua pada berhemat hemat deh. Mangkanya gak perlu heran kalo sekarang masuk dept. store pun rasanya gerah, AC nya gak ada adem ademnya sama sekali deh.

Gak hanya kantor dan tempat fasilitas umum, rumah pribadi pun berpartisipasi dalam rangka penghematan listrik ini. Daripada nanti kena pemadaman bergilir kalo asupan listrik tidak cukup, lebih baik semua berhemat aja dari awal. Akhirnya sekarang ini banyak orang menanam tumbuhan rambat di beranda rumahnya. Gunanya untuk menghalangi sinar matahari yang masuk ke ruang rumah. Dari banyak percobaan diketahui bahwa dengan adanya tanaman rambat ini, suhu dalam rumah jadi sejuk pula walaupun gak masang AC.

Aku pun jadi ikutan nanam tanaman rambat di beranda. Itupun juga gara2 Rui dapat biji bunga Asa-Gao (bhs Inggrisnya : Morning Glory) dari kakak kelasnya. Eh, setelah tumbuh tunasnya, cepet banget merambat ke atas atas, sekarang sudah lumayan banyak kembangnya yang mekar. Hanya sayang saja daunnya belum terlalu rimbun, jadi living-room belum terlalu sejuk.

Sudah kebayang bayang seandainya daunnya jadi rimbun, aku jadi punya "green curtain" , tirai hijau juga di beranda. Walaupun seandainya nanti ruang rumahku gak sejuk2 amat, tapi dengan lihat kembangnya mekar pasti hati kita jadi sejuk deh. Tahun depan selain tanaman kembang, mungkin aku mau nyoba green-curtain yang lain, nanam pare misalnya, khan asyik tuh bisa dipanen juga buah pare nya.

3 comments:

Yang Kung said...

wah ikutan seneng lihat green curtain ,tampak seger dan sejuk.Tuh bijinya bisa di tanam di Ind nggak ya...??
Bagusnya orang Japan kalau ada anjuran hemat energi kompak ya....,lain di negeri kita.Tetep saja mbandel dan boros.
sampai jumpa dan berkat Tuhan .

Unknown said...

Mbak, rambatan di rumah mbak pake apaan ya? Pake kawat strimin atau besi yang dipesan khusus ya? Lagi kepengen bikin tanaman rambat tapi bingung mo ngerambatinnya pake apaan. Thanks ya.

Unknown said...

Mbak, rambatan di rumah mbak pake apaan ya? Pake kawat strimin atau besi yang dipesan khusus ya? Lagi kepengen bikin tanaman rambat tapi bingung mo ngerambatinnya pake apaan. Thanks ya.

Lilypie Kids Birthday tickers
Lilypie Third Birthday tickers
DaisypathAnniversary Years Ticker