Friday, January 18, 2008

Kartu Perkenalan

Dari majalah bulanan ibu-anak Kokko-Kurabu, aku dapat ide untuk bikin kartu perkenalan. Kartu ini berisi sedikit penjelasan tentang data diri berikut email address. Kartu bikinan sendiri ini selalu standby di dompet. Bila suatu ketika aku kenalan dengan sesama ibu di klub bermainnya Rui misalnya, dan mereka tanya email address, kita bisa cepat kasih respon. Belakangan ini aku juga siapin konsep perkenalan diri ini di memori handphone, sehingga ketika ada seorang ibu memberikan email address nya, aku bisa langsung kirim salam perkenalan singkat ini.

Respon yang kudapat selama ini selalu positif. Dengan memberikan sedikit penjelasan tentang diri kita, bisa jadi awal pembicaraan yang tidak membosankan. Di bawah ini contoh kartu perkenalan diriku.

名前:篠井マリア、AB型。インドネシア出身、熱帯の産まれだけど夏と虫は苦手。1999年に結婚し、来日した、日本語はいまだに勉強中。趣味は読書、日本語の子供諸説にはまっちゃて、ハリーポッターの新しいシリーズがまちどうしい。よろしくおねがいします。メール:。。。。。。。

Terjemahan.
Nama: Sasai Maria, golongan darah AB. Negara asal Indonesia. Kelahiran daerah tropik namun tidak pernah bisa menyukai musim panas dan serangga. Tahun 1999 menikah, tinggal di Jepang, sampai sekarang pun masih mempelajari bahasa Jepang. Hobi: membaca. Sedang tergila gila dengan novel anak anak bahasa Jepang, dan sudah tidak sabar menantikan terbitnya novel terbaru Harry Potter versi bhs Jepang. Mohon diterima perkenalan saya. Email address : ……………

Kartu perkenalan di atas aku buat dengan “gaya” Jepang. Tentu saja isinya bagi orang luar Jepang mungkin agak menggelikan. Selama ini yang aku tahu tentang orang Jepang, mereka kebanyakan “tere-ya” pemalu, perkenalan pertama biasanya terasa alot dan penuh basa basi yang kaku. Kebalikan dengan orang Indonesia yang kebanyakan sangat interest dengan orang asing. Masalahnya aku sendiri juga suka rikuh kalo baru pertama kali memasuki lingkungan baru. Dengan adanya kartu perkenalan itu sedikit banyak aku terbantu.

Bagi teman teman yang tinggal di Jepang, siapa tahu punya kiat kiat lain untuk memulai pergaulan dengan orang sini. Silahkan berbagi denganku.

3 comments:

imoet said...

Wah, bulan ini lupa beli kokko-kurabu! :)) :))

Bagus juga idenya. Aku yang baru pindah sini pusiiing gimana mulai perkenalan sama ibuk2 sini. Lah mereka tau aku gaijin gitu langsung mengkeret. bahasa jepangku masih dibawah lever beginner lagi, jadilah tercipta kesunyian panjang *siiiingggg*

Mo nyoba bikin juga!!! cuma nulisnya bisanya pake hiragana doang hihihihi. Makasih ya mbak udah posting ini, aduuh membantu sekali

Susan Harsono said...

wah kreatip juga dikau ;) moga makin banyak temen yach di jepang, jadi ga malu2 lagi kalo ketemu orang baru hehehe..

Niken said...

Aku kok males beli kokko kurabu ya. Aku jg ga langganan shimajiro lho.. mgkn kl beli & langganan aku & aya tambah pinter ya..
Kl perkenalan sih aku ga mau ngomong panjang2..jishin ga nai!! nyebutin nama trus duduk lg hehehe.

Lilypie Kids Birthday tickers
Lilypie Third Birthday tickers
DaisypathAnniversary Years Ticker